EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIPADUKAN DENGAN SENAM OTAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Main Author: Puspananda, Dian Ratna
Other Authors: UNWIDHA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MAGISTRA , 2014
Online Access: http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/438
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/438/376
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dipadukan dengan senam otak terhadap prestasi belajar matematika. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 64 orang dan sampel berjumlah 40 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data prestasi belajar Matematika dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji t. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas terlebih dahulu diuji keseimbangannya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) diapadukan dengan senam otak lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif STAD, senam otak, prestasi belajar matematika.