EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Main Author: Syaifudin, M. Wahid
Other Authors: UNWIDHA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MAGISTRA , 2013
Online Access: http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/271
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/271/220
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. (2) Apakah kemampuan awal siswa berpengaruh memberikan prestasi belajar matematika (3) Manakah diantara model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Madrasah Tsanawiyah kelas VIII yang berada di Kabupaten Klaten. Sedangkan pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dalam pengambilan sampel dengan cara ini, kluster-kluster yang ada dianggap homogen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) pemberian tes kemampuan awal siswa; (2) memberikan tes untuk pengambilan data prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI menghasilkan prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan analisis bahwa Fobs = 17,477 > 3,84 = Ftab dengan rata-rata 18,28 pada siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan 16,14 rerata pada siswa yang dikenai pembelajaran konvensional; (2) kemampuan awal tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, dengan hasil analisis Fobs= 0,106 < 3,00 = Ftab; (3) diantara pembelajaran model kooperatif tipe TAI tidak menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran dengan menggunakan model konvensional baik untuk siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi, sedang, maupun rendah, dengan hasil analisis Fobs = 0,114 < 3,00 = Ftab. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization, Kemampuan Awal Siswa, Prestasi.