STIMULASI BERMAIN BERCERITA METODE FLANEL MENINGKATKAN SOSIALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH PENELITIAN QUASI EXPERIMENT DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN RSJ DR RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG

Main Author: SUHARIATI, HINDYAH IKE
Other Authors: ICME PRESS
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Keperawatan , 2016
Online Access: http://digilib.stikesicme-jbg.ac.id/ojs/index.php/jip/article/view/182
http://digilib.stikesicme-jbg.ac.id/ojs/index.php/jip/article/view/182/150
Daftar Isi:
  • Sosialisasi merupakan kemamapuan yang harus dikuasai anak usia prasekolah agar dapat membangun interaksi yang baik dengan temannya di sekolah. Kenyataannya 70% anak usia prasekolah belum bisa bersosialisasi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh stimulasi bermain bercerita metode flanel terhadap sosialisasi pada anak usia prasekolah. Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasinya adalah seluruh anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Persatuan RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang yang mengalami ketidakmampuan bersosialisasi. Tehnik sampling dengan Non Randomise Sampling, jumlah sampel 32 responden, 16 anak sebagai kelompok perlakuan dan 16 anak sebagai kelompok kontrol. Variabel independen adalah stimulasi bermain bercerita metode flanel dan variabel dependen adalah sosialisasi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dan Mann Whitney Test dengan taraf signifikansi sebesar 95% (α = 0,05). Hasil penelitian didapatkan stimulasi bermain bercerita metode flanel berpengaruh terhadap peningkatan sosialisasi pada anak usia pra sekolah (p = 0,000), kegiatan bermain sesuai kurikulum di sekolah tidak meningkatkan secara signifikan sosialisasi pada anak usia prasekolah (p = 0,157), terdapat perbedaan sosialisasi pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan setelah intervensi dengan uji Mann Whitney (p = 0,004). Stimulasi bermain bercerita metode flanel dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan sosialisasi pada anak usia prasekolah. Kegiatan bermain ini dapat dijadikan suatu acuan tindakan keperawatan anak, dalam menangani anak dengan masalah sosialisasi.Kata Kunci : Bermain metode flanel, sosialisasi, prasekolah