PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Main Authors: | Jenisa, Kintan, Lubis, Asri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/eb/article/view/3850 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/eb/article/view/3850/3431 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model pembelajaran CIRC yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Konstruksi Bangunan pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 36 orang. Data penelitian diambil dari angket model skala Likert dan tes berbentuk pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar pada siklus I sebesar 74,86 (61,11%) meningkat pada siklus II menjadi 82,03 (86,11%). Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari nilai rata-rata kognitif 75,36 (63,89%) meningkat menjadi 81,03 (77,78%). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Konstruksi Bangunan pada kompetensi dasar menerapkan spesifikasi dan karakteristik kayu untuk konstruksi bangunan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Kata Kunci : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar, Motivasi