Hubungan Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Jasmine Gold Di Rumah Sakit Gatoel Kota Mojokerto

Main Author: Sulikah afiyati, Sulikah afiyati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/3315/2/jurnal%201.docx
http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/3315/4/bab1%20-%206%20sulikhah%20REVISIAN.rtf.docx
http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/3315/
Daftar Isi:
  • kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah pelayanan keperawatan. Ada 5 indikator untuk mengukur pelayanan keperawatan, termasuk perhatian, penerimaan, komunikasi, kerjasama, dan tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien di Rumah Sakit Gatoel Kota Mojokerto. Bahan dan Metode Penelitian Jenis penelitian ini adalah survey eksplanatory dengan pendekatan cross sectional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah proportional sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampelnya adalah 49. Hasil penelitian ini menggunakana uji Spearman Rho menunjukan bahwa nilai r= 0,405, sig(p)= 0,004 α= 5%= 0,05 , p<α maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti ada hubungan antara layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Ruang rawat inap Jasmine Silver Rumah Sakit Gatoel Kota Mojokerto. Kesimpulan dari penelitian ini adanya hubungan layanan keperawatan (aspek perhatian, aspek penerimaan, aspek komunikasi, aspek kerjasama, dan aspek tanggung jawab) dengan kepuasan pasien rawat inap jasmine gold di Rumah Sakit Gatoel Kota Mojokerto. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan layanan keperawatan di intalansi rawat inap jasmine gold, melakukan survei kepuasan pasien secara berkala dan berkesinambungan. Kata Kunci : Layanan Keperawatan, Rawat Inap, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit