Efek Metode Maternal Reflektif terhadap Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu

Main Authors: Noermasari, Yuliastuti Alfiani, Efendi, Mohammad
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal ORTOPEDAGOGIA , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/5074
http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/5074/2743
Daftar Isi:
  • Tunarungu adalah anak yang mengalami hambatan pendengaran, hal ini berdampak pada kemampuan berbicaranya. Metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak tunarungu adalah Metode Maternal Reflketif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode maternal reflektif terhadap kemampuan berbicara anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu model One Group Pretest Posttest Design dengan subjek siswa tunarungu kelas 2. Hasil penelitiannya terdapat perbedaan nilai ratarata pretest dan postetst sebesar 25,6. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode maternal reflektif berpengaruh secara sginifikan terhadap kemampuan berbicara anak tunarungu.Children with hearing impairment who are hearing impaired, it affects their speaking ability. The method can be used to help improve speaking ability of students with hearing impairment is Maternal Reflective Method. This reserach was conducted in order to analyze the effect of maternal reflective method towards speaking ability for children with hearing impairment. This research was using quantitative research design by quasi experiment by using One Group-Pretest-Posttest Design with subject children with hearing impairment in second grade. The result of this research was there are differences in the average of 25,6 pretest and posttest. Overall, the maternal reflective method effect on the speaking ability of students with hearing impairment.