Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Tunarungu
Main Authors: | Yuniarsih, Intan, Huda, Abdul, Ediyanto, Ediyanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/28624 http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/28624/10659 |
Daftar Isi:
- Multimedia interaktif berbasis android merupakan aplikasi yang mempermudah siswa tunarungu dalam mempelajari kosakata khususnya kata benda yang ada disekitar. Penelitian ini berawal dari adanya analis kebutuhan dan analisis awal- akhir yaitu minimnya penguasaan kosakata siswa dalam menyusun huruf menjadi kata. Selain itu juga adanya kebutuhan guru untuk sebuah aplikasi pembelajaran kosakata yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan multimedia interaktif berbasis android yang tervalidasi dan diujicobakan kepada siswa. Metode yang digunakan adalah Metode R&D yang dikembangkan oleh Lee dan Owens dengan 5 tahap yaitu tahap analisis (analisis kebutuhan dan analisis awal akhir), desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan validasi ahli media didapatkan hasil dengan rata – rata 95,8 %, ahli materi yaitu 93,7% ,untuk ahli praktisi yaitu 99,2% dan untuk uji coba didapatkan hasil 95,5%. Nilai gabungan dari validator yang diperoleh adalah 96,2 % . Berdasarkan penilaian validator multimedia interaktif berbasis android masuk dalam kategori Sangat Valid digunakan sebagai media pembelajaran. Pengembangan multimedia interaktif berbasis android berjudul “Kata Bendaku” dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata pada siswa dan memiliki fitur eja sehingga memudahkan siswa tunarungu memahami materi kata benda