Pembuatan Aplikasi Catalog 3D Desain Rumah Sebagai Sarana Promosi Dengan Menggunakan Unity 3D
Main Authors: | Adnin, Siryantini Nurul, Widiartha, Ida Bagus Ketut, Suksmadana, I Made Budi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Research institutions and Community Service, University of Udayana
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.unud.ac.id/index.php/lontar/article/view/19764 http://ojs.unud.ac.id/index.php/lontar/article/view/19764/13498 |
Daftar Isi:
- This study incorporate AR into a technology home Catalog sales, thus Catalog home is becoming more real with 3D objects in it. This research aims to produce an application that can display a 3D model of a house that can help buyers to know well the home to be purchased, and will simplify the home seller as a media campaign to consumers. 3D objects used to develop two kinds of Software that Sweet Home 3D and Blender, whereas to create application in programming used Unity 3D Software using the C # programming language. Application home design Catalog is made through several stages of design 3D objects, Marker workmanship and application design. The end result consists of two forms, namely in the form of physical (in the form of print media Catalog) that contains a marker on some pages and Augmented Reality applications based on Android in the form of .apk which is then installed on Smartphones, where the two are complementary.
- Penelitian ini memasukkan teknologi AR ke dalam Catalog penjualan rumah, sehingga Catalog rumah ini menjadi lebih real dengan adanya objek 3D di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat menampilkan model rumah 3D sehingga dapat membantu para pembeli untuk mengetahui dengan baik rumah yang akan dibeli, serta akan mempermudah seller rumah sebagai media promosi kepada konsumen. Untuk pembuatan objek 3D digunakan dua macam Software yaitu Sweet Home 3D dan Blender, sedangkan untuk membuat aplikasi dalam pemograman (Coding) digunakan Software Unity 3D dengan menggunakan bahasa pemograman C#. Aplikasi Catalog Desain Rumah ini dibuat melalui beberapa tahapan yaitu pembuatan objek 3D, pembuatan marker dan perancangan aplikasi. Hasil akhirnya terdiri dari dua bentuk yaitu dalam bentuk fisik (Media cetak berupa Catalog) yang berisikan marker pada beberapa halamannya dan aplikasi Augmented Reality berbasis Android dalam bentuk .apk yang kemudian diinstal pada Smartphone, dimana keduanya saling melengkapi.