Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (Nht) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VI SDN 101 Kec.Suppa Kab. Pinrang
Main Author: | Thamrin, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sulawesi Barat
, 2018
|
Online Access: |
http://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/139 http://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/139/77 |
Daftar Isi:
- MasalahdalampenelitianiniyaknirendahnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas VISDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahpenggunaan model pembelajarankooperatiftipeNumber Heads Together (NHT)dalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas VISDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang?Adapunpenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan model pembelajarankooperatiftipeNumber Heads Together (NHT)dalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas VISDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianyaknipenelitiantindakankelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiapsiklusnyadilaksanakan 2 kali pertemuandengantahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi. Fokuspenelitianyaknipenggunaan model pembelajarankooperatiftipeNumber Heads Together (NHT)danhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKn. Penelitiandilaksanakan di SDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang.Subjekpenelitianyakni guru dan 14 siswa yang terdiriatas5siswa laki-laki dan 9siswa perempuan.Teknikpengumpulan data yang digunakanyakniteknikobservasi, tesdandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwameningkatnyahasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKndarikategoricukup (C) padasiklus I menjadikategoribaik (B) padasiklus II.Dengandemikian, penerapan model pembelajarankooperatiftipeNumber Heads Together (NHT) dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPKnkelas VISDN 101 Kec. Suppa Kab. Pinrang.