Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Author: Septian, Damar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon , 2019
Online Access: http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/14
http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/14/8
Daftar Isi:
  • Multimedia interaktif berbasis learning cycle pada materi alat optik IPA di SMP perlu untuk diimplementasikan untuk mengurangi mis-interpretasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar siswa; (2) penilaian siswa terhadap multimedia interaktif berbasis learning cycle. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII D dan kelas VIII E. Kelas VIII E terpilih menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas VIII D terpilih menjadi kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) ada pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,000; (2) kategori penilaian siswa terhadap multimedia interaktif pada komponen daya tarik, tingkat kesulitan, dan manfaat adalah sangat baik.