Pengaruh Atmosfer Terhadap Costumer’s Impression dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang
Main Authors: | Koeswandi, Tika, Rahayu, Agus, Wibowo, Lili Adi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Indonesia
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/view/12664 http://ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/view/12664/7514 |
Daftar Isi:
- Perubahan orientasi konsumen dari service oriented ke experience oriented menjadi tantangan baru bagi industri restoran korea di kota Bandung dalam mempertahankan agar pengalaman tidak membosankan. Pemasar dituntut untuk dapat menciptakan suasana hallyu wave yang tak hanya membangkitkan emosi dan perasaan namun juga terkenang. Sebagai restoran paling berkesan di Kota Bandung menurut hasil prasurvei, Chingu Korean Fan Café telah melakukan inovasi atmosfer ruang usaha yang diimbangi dengan fluktuasi peningkatan jumlah pengunjung. Mengetahui seberapa besar pengaruh atmosfer terhadap kesan dan dampaknya pada minat beli ulang perlu dilakukan agar dapat menjaga citra perusahaan, meningkatkan penjualan dan kesetiaan pengunjung. Bertujuan untuk mempelajari gambaran tanggapan pengunjung tentang tujuh elemen mayor atmosfer, costumer’s impression, dan minat beli ulang, seberapa besar pengaruh tujuh elemen mayor atmosfer terhadap costumer’s impression, seberapa besar pengaruh kesan terhadap minat beli ulang dan seberapa besar pengaruh tujuh elemen mayor atmosfer terhadap minat beli ulang, penelitian ini menggunakan explanatory survey dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sample 100 pengunjung dan dilakukan teknik analisis path analysis dengan menggunakan software SPSS 23.0 untuk mengukur besarnya pengaruh atmosfer terhadap kesan dan dampaknya pada minat beli ulang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa gambaran atmosfer, costumer’s impression dan minat beli ulang berada dalam rentang yang tinggi dan terdapat pengaruh yang lebih besar yang dihasilkan oleh atmosfer melalui costumer’s impression dan berdampak pada minat beli ulang. Elemen pencahayaan menjadi elemen yang paling mempengaruhi dan warna yang tidak. Sehingga lebih diperhatian peningkatan atmosfer warna dalam melakukan inovasi dikemudian hari sebagai rekomendasi bagi pihak Chingu Korean Fan Café.