PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR VOLUME DAN LUAS SISI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 30 PURWOREJO
Main Author: | Ediyanto, Suprih; SMP Negeri 30 Purworejo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2012
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/limit/article/view/20 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/limit/article/view/20/243 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menentukan volum dan luas sisi bangun ruang sisi lengkung tabung menggunakan pendekatan konstruktivistik . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 30 Purworejo. Aspek yang diamati adalah aktivitas siswa, sikap guru, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2 yaitu: 41,02%, 56,41%, dant 80%. Aktivitas siswa meningkat 25% (dari 50% menjadi 75%) dan nilai sikap guru juga ada meningkat sebesar 10% (dari 70% menjadi 80%).Jadi pendekatan konstruktivistik mampu meningkatkan ketrampilan siswa dalam menentukan volum dan luas sisi bangun ruang sisi lengkung. Kata Kunci: konstruktivistik