IMPLEMENTASI PENDEKATAN RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | Umbara, Uba |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/142 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuanpemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatanResource-Based Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajarankonvensional.. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan pendekatankuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non randomizedpretest-posttest control group design. Desain penelitian ini dipilih karena penelitian inimenggunakan kelompok kontrol, adanya dua perlakuan yang berbeda, danpengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan data yang ditawarkan oleh pihaksekolah. Berdasarkan hasil analisis data dan temuan selama penelitian dapatdisimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajardengan menggunakan pendekatan Resource-Based Learning lebih baik daripadasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional.