PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIKA SISWA SMP
Main Author: | Nuraeni, Zuli |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/141 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa pada kelas eksperimen yangbelajar geometri dengan pembelajaran penemuan terbimbing memiliki perbedaankemampuan generalisasi matematik secara signifikan dibandingkan siswa kelaskontrol yang belajar secara konvensional. Sampel terdiri dari tiga kelas, dipilih darikelas VII secara random klaster. Alat pengumpul data berupa tes bentuk essay danformat observasi. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat perbedaan secarasignifikan kemampuan generalisasi matematik siswa kelas eksperimen dibandingkandengan siswa kelas kontrol. Disimpulkan bahwa belajar geometri denganpembelajaran penemuan terbimbing merupakan alternatif untuk meningkatkankemampuan generalisasi matematik siswa.