PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI MODEL PACE BERBANTUAN GEOGEBRA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
Main Author: | Rahmawati, Inri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/137 http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/137/100 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pembelajaran geometri melalui model PACE berbantuan Geometers Sketchpad (Sketchpad); Jenis Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan sampel siswa kelas VIIA dan VIIB MTsN Model Cigugur Kuningan. Kedua kelompok diberikan pretes dan postes. Hipotesis diuji melalui uji parametrik (Uji-t) dan uji non-parametrik (Uji Mann-whitney), Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol.