PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI MODEL PACE BERBANTUAN GEOGEBRA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Main Author: Rahmawati, Inri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan , 2016
Online Access: http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/137
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/137/100
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapat pembelajaran geometri melalui model PACE berbantuan Geometers Sketchpad (Sketchpad); Jenis Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan sampel siswa kelas VIIA dan VIIB MTsN Model Cigugur Kuningan. Kedua kelompok diberikan pretes dan postes. Hipotesis diuji melalui uji parametrik (Uji-t) dan uji non-parametrik (Uji Mann-whitney), Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol.