IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOP-COOP BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA
Main Author: | Nuraeni, Zuli |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/136 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen berbentuk kelompok kontrol pretes-postes, dengan perlakuan: pendekatan open-ended dengan pembelajaran kooperatif tipe coop-coop, pendekatan open-ended, dan pembelajaran konvensional. Subjek sampel diambil tiga kelas dari kelas XI yang ada di satu SMA Negeri di Kabupaten Kuningan. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil studi ini adalah: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pendekatan open-ended dengan belajar kooperatif tipe coop-coop lebih baik dibanding siswa memperoleh pendekatan open-ended, dan kemampuan pemecahan masalah matematik kedua sampel tersebut lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Ditinjau dari: pencapaian hasil belajar, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik.