MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALOGI DAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA SMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY

Main Authors: Rahmawati, Inri, Puadi, Evan Farhan Wahyu
Format: Article info Journal
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan , 2016
Online Access: http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/134
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya implikasi yang positif antara Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kuningan 2014/2015. Pemilihan sampel diambil secara acak sederhana untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang digunakan pada kelas eksperimen sebanyak 39 orang siswa dan kelas kontrol sebanyak 41 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan uji -t untuk menguji hipotesis statistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan analogi dan generalisasi antara siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, dari hasil analisis diketahui bahwa kemampuan analogi dan generalisasi siswa yang pembelajarannya menggunakan Guided Inquiry lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dimungkin bahwa peningkatan kemampuan representasi matematik siswa dipicu oleh model Guided Inquiry yang dalam pelaksanaan pembelajarannya selalu memperhatikan prisip dan karakteristik konstruktivis.