PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Main Authors: | Rakhmawati, Ima, Yuslinar, Asep, Khamisah, Irma |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/126 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya kemampuan komunikasimatematika siswa. Hal ini dibuktikan dalam memecahkan masalah, kebanyakansiswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan denganpermasalahan matematika, seperti mengubah pertanyaan menjadi simbolmatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapanpembelajaran model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuankomunikasi matematika siswa kelas VII MTs 'Timbang Nurul Huda. Penelitian inimerupakan penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVII MTs dari 'Timbang Nurul Huda Sekolah Tahun 2014-2015, sebesar 158 siswa.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple randomsampling. Dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling,penulis secara acak memilih sampel sebagainya dapat dua kelas. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah tes esai dan kuesioner. Teknik analisisdata dalam penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis normalitas dan uji (uji t) yangdigunakan untuk menentukan penerapan model pembelajaran snowball throwingdapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika kelas VII MTs 'TimbangNurul Huda. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji hipotesis statistikdiperoleh t (10,73)> t tabel (2,39), maka terima Hi berarti bahwa penerapan modelpembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan komunikasimatematika kelas VII MTs 'Timbang Nurul Huda. Kesimpulan dari penelitian iniadalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkankemampuan komunikasi matematika kelas VII MTs 'Timbang Nurul Huda.