PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Main Authors: Suryani, Anis, Yudianto, Yudi, Syukur, Moh.
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan , 2015
Online Access: http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/122
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/122/95
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya implikasi yang positifantara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan modelpembelajaran kooperatif NHT. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Cigugurpada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Pemilihan sampel diambil secara acakberkelompok (cluster random sampling) untuk menentukan kelas eksperimen dankelas kontrol. Instrumen untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswadengan menggunakan tes tertulis berupa soal uraian, sedangkan untuk mengetahuirespon siswa terhadap pembelajaran dengan model kooperatif NHT denganmenggunakan angket. Dari hasil analisis data awal maupun akhir sampel tersebutberdistribusi normal dan homogen dan juga sampel sebelum perlakuan tidak adaperbedaan yang signifikan. Untuk mengetahui perbedaan setelah perlakuan darikedua model pemebalajaran tersebut dugunakan uji t. Maka dengan kriteria uji