PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA
Main Author: | Rahmawati, Inri |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/117 |
Daftar Isi:
- Satu dari lima kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa sebagai bentukpenguasaan matematika adalah kompetensi strategis. Kompetensi strategismerupakan kemampuan untuk merumuskan masalah, merepresantasikan masalah,dan menyelesaikan masalah. Untuk dapat mengembangkan kemampuan ini dilakukanpenelitian menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving. Penelitian inimerupakan penelitian eksperimen yang bertujuan, (1) Untuk mengetahui apakahsiswa yang belajar menggunakan metode TAPPS memiliki kompetensi strategis yanglebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaranmatematika biasa, (2) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaranmatematika menggunakan metode TAPPS dalam meningkatkan kompetensi strategis.Populasi pada penelitian ini adalah siswa pada salah satu SMP Negeri di Bandungkelas VIII. Kemudian dua kelas secara random diambil sebagai sampel penelitian,kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumenyang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan instrumen non tes.Instrumen tes berupa tes kompetensi strategis sedangkan instrumen non tes berupaangket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Siswa yang belajarmenggunakan metode TAPPS memiliki kompetensi strategis yang lebih baik daripadasiswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran matematika biasa, (2) Padaumumnya siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematikamenggunakan metode TAPPS dalam meningkatkan kompetensi strategis. Hal initerlihat dari hasil angket berupa rata-rata skor siswa dan hasil observasi yangdilakukan selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung.