HUBUNGAN SARAPAN PAGI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK SD NEGERI 01 BARUGA DI KOTA KENDARI

Main Authors: Fitriani Sufrin, Penulis, Sultan Akbar Toruntju, Pembimbing 1, Imanuddin, Pembimbing 2
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/895/1/HASIL%201%20FIX.pdf
http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/895/
Daftar Isi:
  • Latar belakang : Sarapan pagi merupakan makanan yang diasup pada pagi hari yang bermanfaat mensuplai kadar gula darah yang dimulai dari pukul 06.00 sampai pukul 10.00 pagi. Jarak antara makan malam dengan pagi sangat panjang yaitu kurang lebih 10 jam, sehingga kadar gula yang merupakan sumber energi dalam tubuh menurun pada pagi hari. Konsentrasi belajar merupakan suatu pemusatan pikiran atau perhatian terhadap pelajaran, yang sangat dipengaruhi oleh kadar gula darah. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sarapan pagi dengan konsentrasi belajar pada anak SD Negeri 01 Baruga di Kota Kendari kelas IV. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Subjek penelitian 86 orang siswa siswi kelas IV SD Negeri 01 Baruga. Variable bebas meliputi kebiasaan sarapan pagi dan sebagai variable terikat adalah konsentrasi. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil : Persentase kebiasaan sarapan pagi anak SD Negeri 01 Baruga rata – rata 3-4x/minggu yaitu 74 orang (86%). Kategori konsentrasi belajar anak SD Negeri 01 Baruga rata – rata kurang yaitu 48 orang (55,8%).sedangkan hubungan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar anak (p<0,05). Anak yang sering sarapan pagi tidak selamnya konsentrasi dalam belajar dikarenakan beberapa faktor antara lain faktor sosial, faktor non sosial, dan faktor lainnya seperti faktor konsumsi makan lainnya, faktor pendapatan keluarga dan kebiasaan sarapan pagi Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar anak.