GAMBARAN KEPUASAN PELAYANAN DAN SISA MAKANAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TINGKAT III KENDARI

Main Authors: Ida Royani, Penulis, Rofiqoh, Pembimbing 1, Risma Sake, Pembimbing 2
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/784/1/KTI%20IDA%20fix.pdf
http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/784/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Penelitian yang dilakukan oleh Putri (2017) di RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara ditemukan bahwa makanan pokok bersisa sebesar 58,1%, lauk hewani bersisa sebesar 67,4%, lauk nabati bersisa sebesar 69,8%, sayur bersisa sebesar 79,1% dan buah bersisa sebesar 25,6%. Rasa makanan kurang enak sebesar 39,5%, aromanya kurang sedap sebesar 34,9% dan kematangan kurang matang sebesar 7%. Hal ini mengindikasikan bahwa pelayanan makanan rumah sakit masih kurang puas. Begitu pula dari hasil wawancara ahli gizi RS Bhayangkara Kota Kendari bahwa sebagian besar pasien menghabiskan makanan rata-rata diatas 50%. Berdasarkan hasil wawancara peneliti ingin mengetahui kebenaran dan kepastian tentang kepuasan pelayanan dan sisa makanan. Dengan tujuan umum untuk Mengetahui gambaran kepuasaan pelayanan dan sisa makanan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Bhayangkara Kendari Metode : Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan survey dan telah dilaksanakan pada pada tanggal pada 2-11 Agustus 2018 di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Kendari. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 47 orang. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive sampling. Hasil : Kepuasan pelayanan makan pasien 100% kategori puas. Ketepatan waktu menghidangkan makanan pasien baik makan siang 100% kategori tepat waktu. Penyajian makanan sebagian besar baik sebesar 56,9%. Variasi menu sebagian besar bervariasi sebesar 53,2%. Citarasa makanan sebagian besar cukup enak sebesar 66%. Kebersihan alat makan sebagian besar bersih sebesar 87,2%. Sikap dan perilaku petugas sebagian besar baik sebesar 89,4%. Sisa makanan sebagian besar tidak bersisa sebesar 89,4%. Disarankan kepada Instalasi Gizi sebaiknya instalasi gizi mengadakan evaluasi terhadap kepuasan pelayanan makanan dan sisa makanan pasien secara rutin untuk mengetahui makanan atau menu yang disukai atau makanan yang tidak disukai oleh pasien