GAMBARAN PERSEPSI KELUARGA PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP LAVENDER RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA KENDARI
Main Authors: | Uus Farida, Penulis, Indriono Hadi, Pembimbing 1, Reni Devianti Usman, Pembimbing 2 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/396/1/Karya%20Tulis%20Ilmiah.pdf http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/396/ |
Daftar Isi:
- UUS FARIDA (P00320013030). Gambaran Persepsi Keluarga Pasien Tentang Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Lavender Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari, dibimbing oleh Indriono Hadi, S.Kep, Ns, M.Kes dan Reni Devianti Usman, M.Kep, Sp. KMB. Perawat merupakan salah satu komponen penting dan dapat dikatakan strategis dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi keluarga pasien tentang mutu pelayanan keperawatan di Ruang Rawat Inap Lavender RSUD Kota Kendari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi keluarga pasien tentang mutu pelayanan keperawatan. Penelitian ini dilaksanakan di Ruang Rawat Inap Lavender RSUD Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara langsung dari responden dengan menggunakan daftar pertanyaan yang disusun dalam bentuk kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi keluarga pasien tentang mutu pelayanan berdasarkan variabel bukti fisik (tangible) dari 32 responden, sebanyak 31 orang (96,87%) mengatakan memiliki mutu baik dan 1 orang (3,12%) mengatakan mutu kurang, bahwa persepsi keluarga pasien tentang mutu pelayanan berdasarkan variabel kehandalan (reliability) dari 32 responden, sebanyak 31 orang (96,87%) mengatakan memiliki mutu baik dan 1 orang (3,12%) mengatakan mutu kurang, bahwa persepsi keluarga pasien tentang mutu pelayanan berdasarkan variabel ketanggapan (Responsiveness) dari 32 responden, sebanyak 28 orang (87,5%) mengatakan memiliki mutu baik dan 4 orang (12,5%) mengatakan mutu kurang, bahwa persepsi keluarga pasien tentang mutu pelayanan berdasarkan variabel jaminan (assurance) dari 32 responden, sebanyak 31 orang (96,87%) mengatakan memiliki mutu baik dan 1 orang (3,12%) mengatakan mutu kurang, bahwa persepsi keluarga pasien tentang mutu pelayanan berdasarkan variabel kemampupahaman (emphaty) dari 32 responden (93,75%) semua mengatakan memiliki mutu yang baik. Bagi petugas keperawatan, dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat lebih ditingkatkan lagi mutu pelayanan dan memberikan kepuasan pada pasien khususnya mutu dibidang pelayanan keperawatan