Daftar Isi:
  • Latar Belakang:. Kualitas penyelenggaraan makanan diorientasikan kepada kepuasan pasien dengan memperhatikan berbagai hal antara lain penampilan makanan, cita rasa makanan, kebutuhan alat, ketepatan waktu dalam menghidangkan makanan serta sikap dan perilaku petugas dalam menghidangkan makanan yang secara langsung bisa mempengaruhi selera makan pasien. Tujuan: Untuk mengetahui Hubungan Pelayanan Makanan Dengan Tingkat Kepuasan Pada Pasien Rawat Inap Kelas II Dan III Di RSAD Dr. Ismoyo Kota Kendari. Metode: Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study dan telah dilaksanakan pada tanggal 22 Juli – 2 Agustus 2019 di RSAD Dr. Ismoyo Kota Kendari. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 47 orang. Teknik sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil: Sebagian besar 77.3% mengatakan baik terhadap pelayanan makanan. Kepuasan pasien terhadap penampilan makanan sebagian besar mengatakan puas terhadap penampilan makanan 93.2%. Kepuasan pasien terhadap rasa makanan sebagian besar mengatakan puas terhadap rasa makanan 95.5%. Tingkat kepuasan pasien sebagian besar mengatakan puas 95.5%. Pelayanan makanan tidak berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Kesimpulan: Pelayanan makanan sebagian besar 77.3% mengatakan baik terhadap pelayanan makanan. Kepuasan pasien terhadap penampilan makanan sebagian besar mengatakan puas terhadap penampilan makanan 93.2%. Kepuasan pasien terhadap rasa makanan sebagian besar mengatakan puas terhadap rasa makanan 95.5%. Tingkat kepuasan pasien sebagian besar mengatakan puas 95.5%. Pelayanan makanan tidak berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Disarankan: Disarankan agar pelayanan makanan di RSAD Dr. Ismoyo Kota Kendari yang sudah baik tetap dipertahankan dan ditingkatkan melalui inovasi-inovasi menu sehingga tingkat kepuasan pasien terpenuhi. Kata Kunci: Pelayanan makanan, kepuasan terhadap penampilan makanan, dan kepuasan terhadap rasa makanan