Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen
Main Authors: | Prof. Dr. Warsono, M.S., Drs. Hariyanto, MS |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PT Remaja Rosdakarya
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://perpustakaan.bbppksyogyakarta.com//index.php?p=show_detail&id=2486 http://perpustakaan.bbppksyogyakarta.com//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/mimimiyti_0016.jpg |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran aktif merupakan alternatif yang harus diperhatikan jika kualitas lulusan ingin diperbaiki. Penggunaan cara-cara pembelajaran aktif baik sepenuhnya atau sebagai pelengkap cara-cara belajar tradisional akan meningkatkan kualitas pembelajaran.Telah banyak ditemukan bahwa kualitas pembelajaran akan meningkat jika para peserta didik memperoleh kesempatan yang luas untuk bertanya, berdiskusi, dan menggunakan secara aktif pengetahuan baru yang diperoleh. Dengan cara ini, diketahui pula bahwa pengetahuan baru tersebut cenderung dapat dipahami dan dikuasai secara lebih baik.Apabila para dosen memberikan tugas atau meminta para mahasiswanya untuk melakukan sesuatu, menjawab pertanyaan yang diajukan bagi seluruh kelas (bukan atau dua pertanyaan untuk dijawab oleh mahasiswa tertentu), menyelesaikan tugas-tugas atau peroyek diluar kelas, melaksanakan percobaan di laboratorium, atau banyak hal lain lagi yang bersifat melakukan sesuatu dibandingkan hanya duduk diam secara pasif di ruang kelas, atau sekedar mencatat, melihat ataupun mendangarkan kuliah dosen, itulah yang dinamakan pembelajaran aktif.Pada pembelajaran aktif, penekanan proses pembelajarannya bukan pada penyampaian informasi oleh pengajar, melainkan pada pengembangan keterampilan pemikiran analitis dan kritis terhadap topik atau permasalahan yang dibahas. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan metodologis bagi pengajar dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya terkait pembelajaran.
- vii, 315 hlm. : ilus. : 24 cm.