GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT YANG DILAKUKAN OLEH MAHASISWA DI KLINIK POLTEKKES JURUSAN KEPERAWATAN GIGI BANDUNG
Main Author: | PENGARANG:NURLAELA ; PEMBIMBING: Drg.Sri Mulyanti M.Kes. ; PENGUJI 1:Drg.Megananda Hiranya Putri M.Kes ; PENGUJI 2:Drg.Elliza Herizulianty M.Pd |
---|---|
Other Authors: | AGUS SURYANA, S.SOS. |
Format: | Book STUDENTS RESEARCH PDF |
Terbitan: |
KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANDUNG
JURUSAN KEPERAWATAN GIGI
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/82 http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/6893a49b779a180c392c9fddaf8cda4d.pdf |
Daftar Isi:
- Kepuasan adalah keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator utama dari keberhasilan pelayanan kesehatan yang digunakan sebagai alat ukur untuk menilai keberhasilan penyelenggaraan pelayanan kesehatan, Indikator pengukuran tingkat kepuasan pasien pada penelitian ini berdasarkan Keputusan Menpan No.25/KEP/M.PAN/2/2004 tentang Kecepatan pelayanan, Kemampuan dan Keterampilan Operator, Tanggungjawab Petugas Pelayanan, Kenyamanan Lingkungan Sarana dan Prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan oleh mahasiswa. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang telah mendapatkan perawatan sebelumnya di Klinik Jurusan Keperawatan Gigi Bandung. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden. data yang dihasilkan diolah dan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi. Hasil pengukuran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut dari total 83 responden (100%) yang di survey, diperoleh kepuasan terhadap kecepatan pelayanan 98,80%, kemampuan dan keterampilan operator 98,80%, Tanggungjawab petugas pelayanan 100%, Kenyamanan Lingkungan dan sarana prasarana 92,51%. Rata-rata pasien menjawab Puas. dapat disimpulkan bahwa pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di klinik Jurusan keperawatan Gigi Bandung.