GAMBARAN KEBERAGAMAN JENIS MAKANAN, ASUPAN ENERGI, PROTEIN, DAN STATUS GIZI PADA SISWA KELAS 1 DI SDN 2 NGAMPRAH TAHUN 2019

Main Author: FEBI HAFIFAH HANDAYANI NIM P17331116054 Pembimbing: Dr.Ir.MF. Aryani Sudja, MKM.
Terbitan: POLTEKKES KEMENKES BANDUNG , 2019
Online Access: http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/3386
http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/c9b0ef6372934e6c0f2fb3bf8fc75a2a.pdf
http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/857309d5b3e1848ae8b8186f111e0c2c.pdf
Daftar Isi:
  • Anak usia sekolah dasar termasuk usia perkembangan sehingga membutuhkan nutrisi dengan kualitas maupun kuantitas yang baik dan benar. Kebutuhan nutrisi tersebut diantaranya dapat dipenuhi dengan konsumsi jenis makanan yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran antara keberagaman jenis makanan, asupan energi, protein, dan status gizi pada siswa kelas 1. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Variabel yang diteliti yaitu keberagaman jenis makanan yang terdiri dari 9 kelompok pangan, asupan energi, asupan protein, dan status gizi. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 38 sampel. Keberagaman jenis makanan, asupan energi dan protein didapat dengan metode SFFQ ( Semiquantitative Food Frequency Questionare ). Sedangkan data status gizi diperoleh dari pengukuran berat badan dan tinggi badan dan dihitung berdasarkan Z-score. Hasil penelitian menunjukan bahwa sampel yang mengonsumsi keberagaman jenis makanan yang cukup sebanyak 2 sampel (5,3%), asupan energi kurang sebanyak 9 sampel (23,7%), asupan energi lebih sebanyak 8 sampel (21,1%), asupan protein kurang sebanyak 4 sampel (10,5%), asupan protein lebih sebanyak 8 sampel (21,1%), siswa yang memiliki status gizi kurus sebanyak 1 sampel (2,6%), dan siswa yang memiliki status gizi gemuk dan obesitas sebanyak 8 sampel (21%). Untuk meningkatkan status gizi siswa diharapkan mengkonsumsi beragam jenis makanan dengan kualitas dan kuantitas yang baik, tidak berlebihan dan dilakukan secara teratur.