TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLI GIGI BALAI PENGOBATAN TNI AL JATIBENING BEKASI JAWA BARAT = THE SATISFACTION LEVEL OF BPJS PARTICIPANTS ON THE QUALITY OF DENTAL AND ORAL HEALTH SERVICE AT DENTAL POLY OF BALAI PENGOBATAN TNI AL JATIBENING BEKASI WEST JAVA
Main Author: | Penulis : SRI HASNUNI<br />Pembimbing : Yonan Heriyanto S.Si.T., M.Kes<br />Penguji 1 : Drg. Yenni Hendriani Pratipwi, MKM<br />Penguji 2 : Isa Insanuddin S.Si.T., M.Kes. |
---|---|
Other Authors: | Agus Suryana, S.Sos. |
Format: | STUDENT RESEARCH/KTI PDF |
Terbitan: |
JURUSAN KEPERAWATAN GIGI POLITEKNIK KESEHATAN BANDUNG KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/3183 http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/2f917ce28c98d0115c533ac8e23df41e.pdf http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/5e714a4ad6f0437315dc7d1fbac66178.pdf |
Daftar Isi:
- Salah satu media pelayanan kesehatan mulai menekankan pada meningkatkan kualitas pelayanan, dimana kepuasan konsumen harus dapat memenuhi harapan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli gigi Balai pengobatan TNI AL Jatibening Bekasi Jawa Barat. Sampel berjumlah 96 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling (sederhana). Dimensi pengukuran tingkat kepuasan peserta BPJS pada penelitian ini dilakukan dengan mengukur lima dimensi kualitas pelayanan yaitu reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), empathy (empati), assurance (jaminan) dan tangible (wujud /bukti fisik). Hasil penelitian ini adalah dimensi kehandalan memenuhi tingkat kepuasan sebesar 84,43%, dimensi ketanggapan sebesar 86,72%, dimensi empati sebesar 85,90%, dimensi jaminan sebesar 88,61%, dan dimensi bukti fisik sebesar 83,92%. Dengan perolehan nilai rata-rata 85,92% maka di Poli Gigi Balai Pengobatan Jatibening TNI AL tingkat kepuasan pasien BPJS termasuk dalam kriteria “sangat puas.”