TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KLINIK REGULER RSGM LADOKGI TNI AL R.E MARTADINATA SETELAH AKREDITASI = LEVEL OF PATIENT SATISFACTION ON DENTAL AND ORAL HEALTH SERVICES IN THE REGULAR CLINIC OF RSGM LADOKGI TNI AL R.E MARTADINATA AFTER ACCREDITATION
Main Author: | PENULIS : JUSTINA SUSI UTAMI<br />PEMBIMBING : drg. Hj. Sri Mulyanti, M.Kes.<br />PENGUJI 1 : <span style="text-decoration:underline;">I</span>sa Insanuddin, S.Si. T., M.Kes<br />PENGUJI 2 : Nining Ningrum, S.Si.T., S.Pd., M.Kes<br /><br /> |
---|---|
Other Authors: | AGUS SURYANA, S.SOS |
Format: | STUDENT RESEARCH / KTI PDF |
Terbitan: |
KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BANDUNG JURUSAN KEPERAWATAN GIGI
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/3161 http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/69e2de4af08c675ff739ff09ab60168e.pdf http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/70da3c448175c13fb06b7a1ff410e98d.pdf http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/0d19a1d412098b6fdd989e265dbb1d16.pdf |
Daftar Isi:
- Saat ini masyarakat akan melakukan tindakan yang lebih selektif dalam memilih kebutuhan mereka. Pilihan merupakan evaluasi dari kepuasan pelayanan yang diterima sekurang-kurangnya sama atau melampaui harapan. Kepuasan adalah terpenuhinya kebutuhan yang diinginkan yang diperoleh dari pengalaman melakukan sesuatu, pekerjaan, dan memperoleh perlakuan tertentu sesuai yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dan dilaksanakan di Klinik Reguler Ladokgi R.E Marthadinata yang dilakukan pada tanggal 26 April – 3 Mei 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung ke Ladokgi R.E Marthadinata dengan kriteria pasien usia 17 – 60 tahun, pasien yang datang pada waktu yang telah ditentukan yaitu 26 April – 3 Mei 2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil pengukuran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut dari total 30 responden (100%) yang disurvei, diperoleh kepuasan terhadap waktu dan biaya pelayanan 86.5%, mekanisme dan prosedur pelayanan 88.5%, sarana dan prasarana 93.5%, profesionalitas dan kepribadian petugas dalam melakukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut 95%, rata-rata responden menjawab setuju atau puas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepuasan pasien telah tercapai dengan baik di klinik reguler Ladokgi R.E Marthadinata setelah akreditasi.