HUBUNGAN ANTARA SARAPAN PAGI DENGAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI GURUMINDA KOTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Sarapan pagi bagi anak sekolah dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar dan memudahkan anak dalam menyerap pelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Penelitian sebelumnya mengatakan sebanyak 27% anak sekolah dasar jarang melakukan sarapan pagi.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara sarapan pagi dengan kemampuan konsentrasi pada siswa kelas 5 SD Negeri Guruminda Kota Bandung Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan simple randomsamplingdengan sampel sebanyak 76 siswa yang dianalisis dengan uji Chi-Square.Hasil penelitian untuk hubungan antara sarapan pagi dengan kemampuan konsentrasi siswa menunjukkan bahwa dari 76 siswa yang telah menjadi sampel sebanyak 84% siswa tidak melakukan sarapan dan 42% siswa tidak konsentrasi. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan antara sarapan pagi dengan kemampuan konsentrasi belajar (p= 0,619). Disarankan perlu dilakukan penelitian lanjut dengan penambahan variabel dansekolah yang berbeda.