<p>GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN<br />KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PPK 1 KLINIK WIRASAKTI<br />KESDAM III/SILIWANGI = DESCRIPTION OF PATIENTS SATIFACTION LEVEL OH DENTAL HEALTH SERVICES IN PPK1 CLINIC WIRASAKTI KESDAM III/SILIWANGI</p>

Main Author: PENULIS : Sandifitri Aditianingsih<br />PEMBIMBING : Tiurmina Sirait, S.Pd<br />PENGUJI 1 : drg. Rr. Megananda Hiranya P, M.Kes<br />PENGUJI 2 : Yonan Heriyanto, S.SIT, M.Kes
Other Authors: AGUS SURYANA, S.Sos.
Format: KARYA TULIS ILMIAH PDF
Terbitan: KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONEISA POLITEKNIK KESEHATAN BANDUNG JURUSAN KEPERAWATAN GIGI PROGRAM STUDI D.III , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/2331
http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/4ae3e61223bf1c68bb80d733d30f12a2.pdf
http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/d23165c962744e0dc6acf18f7b9efa51.pdf
http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/8ff179e640d4b47e2ecc187f655cb965.pdf
http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/5d4104f25830bc029dc07a7408ae1050.pdf
Daftar Isi:
  • Berdasarkan prinsip pelayanan sebagaimana telah ditetapkan dalam keputusan MENPAN nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003, yang kemudian dikembangkan menjadi 14 unsur yang “relevan, valid” dan “reliabel”. Sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat yang mencakup 4 kualitas layanan yaitu waktu pelayanan, kemampuan dan keterampilan operator, prosedur pelayanan, dan fasilitas sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk melihat gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di PPK1 Klinik Wirasakti Kesdam III/Siliwangi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2019 dengan banyak sampel yang di ambil yaitu 44 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengolahan data ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil pengukuran menggambarkan bahwa pengukuran pasien terhadap kecepatan waktu pelayanan di PPK1 Klinik Wirasakti Kesdam III/Siliwangi, 45% responden menyatakan sangat puas dan 55% responden menyatakan puas. Pengukuran kepuasan pasien terhadap kemampuan dan keterampilan operator 45% responden menyatakan sangat puas, 50% responden menyatakan puas dan 5% responden menyatakan cukup puas. Pengukuran kepuasan pasien terhadap prosedur pelayanan 36% responden menyatakan sangat puasn, 59% responden menyatakan puas dan 5% responden menyatakan cukup puas. Pengukuran kepuasan pasien terhadap kenyamanan sarana dan prasarana 41% responden menyatakan sangat puas, 50% responden menyatakan puas dan 9% responden menyatakan cukup puas.