Daftar Isi:
  • Gangguan perkembangan anak di Indonesia masih tergolong tinggi (35,7%) dibandingkan dengan standar WHO (World Health Organizatio) karena masih diatas 30%. Salah satu yang mempengaruhi perkembangan anak tergantung dari pola asuh yang diberikan orang tua terhadap anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh dominan terhadap perkembangan anak prasekolah. Desain penelitian yang digunakan observasi korelasional, berupa penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di TK Al-Hikmah Bandung, pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 66 orang. Data diolah dengan mencari distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan pValue (0,004) yang berarti Ha diterima atau adanya hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan anak prasekolah. Rekomendasi kepada Kepala Sekolah dan Guru TK Al-Hikmah diharapkan dapat memberikan informasi kepada orangtua hasil deteksi perkembangan anaknya yang meragukan dan menyimpang untuk dilakukan pemantauan perkembangan anak setiap (6 bulan) sekali ke klinik tumbuh kembang. Serta menyarankan kepada orangtua murid untuk melakukan stimulasi perskembangan sesuai usia anak secara rutin dirumah.