HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAHDI TK AMANAH BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG
Main Author: | Penulis : NOORVITA SRI RAHAYU Pembimbing : Dra. Hj. Sri Kusmiati, S.Kp., M.Kes Ketua Penguji : Haris Sofyana, S.Kep., Ners., M.Kep Anggota Penguji : Hj. Sri Ramdaniati, S.Kep., Ners., M.Kep |
---|---|
Other Authors: | Jati Setiati S.IIP |
Format: | KTI Mahasiswa pdf |
Terbitan: |
Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Keperawatan Bandung
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/1962 http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/8b4188fdde78fe405b9c4280994dfcdb.pdf http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/343d7b75d69c57fa3f99175d80031032.pdf http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/1ae6f2161435552e10c5889feb74a9ba.pdf |
Daftar Isi:
- Anak harus mendapat perhatian sejak mereka masih di dalam kandungan sampai mereka dewasa dan melalui berbagai tahap tumbuh kembang. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa 5-25% anak usia pra sekolah menderita disfungsi otak minor, termasuk gangguan perkembangan. 30% anak di Jawa Barat mengalami gangguan perkembangan dan 80% di antaranya disebabkan oleh kurangnya pemberian stimulasi dini. Tujuan penelitian yaitu mengetahui bagaimana hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan dengan perkembangan anak usia pra sekolah di TK Amanah Bale endah Kabupaten Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah observasi korelasional dengan pendekatan crossectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di TK Amanah dan ibu dari anak tersebut. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 61 sampel.Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah variable pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan dan variable perkembangan anak prasekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur pengetahuan ibu tentang stimulasi, dan melakukan observasiu ntuk mengukur perkembangan anak prasekolah dengan menggunakan KPSP. Data diolah dengan mencari distribusi frekuensi dan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pvalue 0,000 yang berarti Ha diterima atau adanya hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan dengan perkembangan anak rasekolah. Rekomendasi untuk pihak TK diharapkan kepada Kepala Sekolah dan Guru TK Amanah dapat memberikan informasi kepada orangtua tentang hasil deteksi perkembangan anaknya yang meragukan dan menyimpang untuk dilakukan pemantauan perkembangan anak setiap 6 bulan sekali ke klinik tumbuh kembang serta menyarankan kepada orangtua untuk melakukan stimulasi perkembangan sesuai usia anak secara rutin di rumah