PENDIDIKAN KESEHATAN TB MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET DAN VIDEO TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN TB PADA ANAK SEKOLAH DI SDN GARUDA-DADALI
Main Author: | Penulis : Anindia Titian Dewi Arifah Pembimbing : Hj.Susy Hermaningsih MKes. Ketua Penguji : Hj.Sri Ramdaniati SKep.,Ners.,MKep. Anggota Penguji :Hj.Henny Cahyaningsih SKp.,MKes.,AIFO. |
---|---|
Other Authors: | Jati Setiati S>iip |
Format: | KTI Mahasiswa pdf |
Terbitan: |
Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Keperawatan Bandung
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/1913 http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/7c2f0e697bda0adec4198508de3b0c30.pdf http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/d8f0db6435ea1388d7226977de385afd.pdf http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/0711e04a2a1e26821917eba7037900b8.pdf |
Daftar Isi:
- Jawa Barat memilki kasus TB tertinggi dengan 10.015 kasus menyerang anak usia 0-14 tahun.berdasarkan hasil wawancara dengan petugas puskesmas PasirKalik, bahwa belum pernah dilaksanakan pendidikan khusus mengenai TB kepada anak usia sekolah.TB dapat dicegah salah satunya adalah dengan meningkatnya pengetahuan anak mengenai pengertian, penyebab, penularan, dan pencegahan TB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian pendidikan kesehatan TB menggunakan media leaflet dan video terhadap perubahan pengetahuan TB pada anak sekolah di SDN Garuda – Dadali tahun 2017. Apabila anak tertular, maka hal tersebut ditularkan dari orang dewasa dengan TB aktif disekitarnya. Perkembangan motorik anak usia sekolah adalah operasional konkret, yaitu anak mampu memahami materi pengetahuan TB yang diberikan melalui pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan dapat diberikan dengan bantuan media leaflet dan video. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan pre-posttest two gorup design.Populasi peneitianini adalah anak kelas 5 sebanyak 118 sampel yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisuoner yang kemudian diolah menggunakan uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan rata-rata pengetahuan TB anak usia sekolah menggunakan media leaflet (pvalue : 0,003) dan Video (Pvalue : 0,000) sebelum dan sesudah dilaksanakan pendidikan kesehatan. kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kedua media pendidikan kesehatan dapat digunakan sebagai media pendidikan kesehatan yang baik pada anak usia sekolah. penelitian ini bisa digunakan sebagai data dasar yang bisa dikembangkanmungkin adanya hubungan atau faktor lain yang mempengaruhi kejadian penyakitTB pada anak.