GAMBARAN POLA ASUH ORANGTUA DAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TK MOTEKAR KOTA BOGOT TAHUN 2018

Main Author: Penulis I : Rosdiana Penulis II : Ni Putu Ariani
Other Authors: Suhaebah, Amd
Format: Journal pdf
Terbitan: Prodi Keperawatan Bogor Poltekkes Kemenkes Bandung , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.poltekkesbdg.info/items/show/1699
http://repository.poltekkesbdg.info/files/original/b323556a54c091cba39bceebfe2f3100.pdf
Daftar Isi:
  • Aspek perkembangan anak usia prasekolah salah satunya adalah perkembangan personal sosial, yang merupakan suatu aspek tentang kemampuan mandiri, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Faktor penting dalam perkembangan personal sosial anak adalah pola asuh orangtua dalam mengasuh anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola asuh orangtua dan perkembangan personal sosial anak prasekolah di TK Motekar Kota Bogor. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik total sampling dengan sampel sebanyak 81 responden sesuai dengan populasi yang sudah ditentukan. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian dari 81 responden menunjukkan bahwa lebih dari setengahnya dari responden anak yaitu sebanyak 61 orang (75%) dengan perkembangan personal sosial yang baik dan sebagian kecil responden anak yaitu 20 orang (25%) dengan perkembangan personal sosial yang tidak baik dengan pola asuh sebagian besar orangtua yaitu 78 orang (95%) dengan pola asuh demokratis, dan kurang dari setengahnya orangtua dengan pola asuh permisif yaitu sebanyak 36 orang (45%) sedangkan pola asuh otoriter yaitu tidak satupun yaitu 0 orang (0%).