Daftar Isi:
  • Perkembangan anak meliputi beberapa kategori diantaranya motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan sosialisasi. Perkembangan sosialisasi merupakan aspek penting dari perkembangan psikososial yang terjadi pada masa anak-anak. Perkembangan psikososial pada anak di antaranya permainan, hubungan dengan orang lain, dan perkembangan moral. Aspek perkembangan sosialisasi mudah dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti permainan dan game online. Ketergantungan game online dampak negatif yang dihasilkan yaitu prestasi akademik yang rendah, jarang berolahraga, menolak untuk tidur, makan, olahraga, melakukan hal lain, dan bersosialisasi dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketergantungan anak terhadap game online pada anak kelas IV – VI di SD Percobaan Negeri 252 Setiabudi Kota Bandung tahun 2018. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV – VI. Teknik sampling menggunakan stratified random sampling dengan jumlah sampel 113 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner baku yang telah di uji validitas dan di uji reliabilitas. Uji statistik menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengahnya responden tidak mengalami ketergantungan game online yaitu sebanyak 61,9% dan hampir setengahnya responden mengalami ketergantungan game online yaitu sebanyak 38,1%. Direkomendasikan kepada pihak SD Percontohan Negeri 252 Setiabudi Kota Bandung agar dapat dijadikan data dasar Unit Kesehatan Sekolah (UKS) untuk memberikan informasi kepada orangtua mengenai ketergantungan anak terhadap game online serta menyarankan kepada orangtua siswa untuk selalu melakukan pengawasan terhadap anak ketika bermain game online