MODEL-MODEL LATIHAN KEMAHIRAN BERBICARA
Main Author: | Ardinal, Eva |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
, 2016
|
Online Access: |
https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/61 https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/61/60 |
Daftar Isi:
- Al-Kalam atau berbicara merupakan kemahiran penting. Diperlukan kreatifitas guru dan para perancang bahan ajar dalam meramu dan mensiasati dengan jitu strategi-strategi yang akan diterapkan dalam pengajaran kemahiran berbicara، salah satunya adalah bagaimana seorang perancang bahan ajar mampu mengintegrasikan pola-pola tadribat dengan berbagai kreasi sesuai materi ajar yang disajikan، yang dalam hal ini adalah pola-pola tadribat maharat al-kalam. Tadribat al-kalam adalah sebuah bentuk kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk melakukan penguatan kompetensi berbahasa seorang pelajar melalui latihan-latihan yang berulang dalam berbagai bentuk dan variasinya، latihan-latihan tersebut memusatkan perannya pada hal-hal yang berkaitan dengan pengayaan dan penguatan al-kalam agar pelajar dapat mencapai tujuan yang diharapkan dalam proses pengajaran al-kalam. Tadribat al-kalam pada hakikatnya memilki peran penting dalam proses pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing. Peran penting tadribat al-kalam tersebut، seiring dengan posisi al-kalam sebagai salah satu kemahiran bahasa yang juga disaratkan penguasaannya.