Pengaruh Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Literasi Kuantitatif Mahasiswa Calon Guru Matematika

Main Authors: Setiani, Yani, Rafianti, Isna
Other Authors: FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Format: Article info penelitian korelasional application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Sema , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/12258
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/12258/7946
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan visual-spasial terhadap literasi kuantitatif mahasiswa calon guru matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika semester V tahun ajaran 2017/2018. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kecerdasan visual spasial dan literasi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan visual-spasial mahasiswa calon guru matematika tergolong tinggi, sedangkan rata-rata literasi kuantitatifnya tergolong sedang. Selain itu kecerdasan visual-spasial memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi kuantitatif.Kata Kunci: Kecerdasan Visual-Spasial; Literasi Kuantitatif