PEMBUATAN WEB E-COMMERCE PADA TOKO KENIME STORE MENGGUNAKAN SISTEM REKOMENDASI BERBASIS METODE COLLABORATIVE FILTERING DENGAN ALGORITMA ADJUSTED COSINE SIMILARITY
Main Authors: | Ramadhan, Laode Aldhi Maulana, Sutardi, Sutardi, Nangi, Jumadil |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Informatics Engineering Department of Halu Oleo University
, 2018
|
Online Access: |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/article/view/3753 http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/article/view/3753/pdf |
Daftar Isi:
- Sistem penjualan yang digunakan di Kenime Store saat ini masih menggunakan fasilitas social media atau secara konvensional karena belum memiliki website e-commerce sehingga penjualan masih minim. Permasalahan yang juga sering dialami oleh toko Kenime Store dan toko-toko serupa lainnya adalah website yang dibangun selalu bersifat standar, dimana menu-menu yang ada pada website selalu sama. Padahal barang yang ditawarkan sangat menarik dan membutuhkan sebuah strategi pemasaran dimana barang selalu up-to-date, sehingga pembeli semakin senang berbelanja.Algoritma Adjusted cosine similarity adalah algoritma yang dibuat untuk mengatasi kelemahan algoritma dasarnya, yaitu algoritma cosine similarity. Algoritma cosine similarity adalah algoritma yang juga dikenal sebagai algoritma vector-based. Formula algoritma ini menunjukkan dua buah item yang berhubungan dan rating nya, lalu mendefinisikan kemiripan diantaranya sebagai sebuah sudut diantara vektor-vektornya.Hasil yang didapatkan pada penelitian selama perancangan sampai implementasi sistem web e-commerce pada toko Kenime Store menggunakan sistem rekomendasi berbasis metode collaborative filtering dengan algoritma adjusted cosine similarity adalah sebuah aplikasi web E-Commerce pada Toko Kenime Store menggunakan Sistem Rekomendasi Berbasis Metode Collaborative Filtering dengan Algoritma Adjusted Cosine Similarity dimana sistem memberikan rekomendasi barang kepada pembeli (user) sesuai dengan kedekatannya dengan pembeli (user) lain yang mirip dalam pola pembelian barang.Kata kunci— E-Commerce, Adjusted Cosine Similarity, Rekomendasi.