ANALISIS SENTIMEN WISATA BAHARI DI SULAWESI TENGGARA MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TWITTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEXICON-BASED
Main Authors: | Statiswaty, Statiswaty, Rusnia, Rusnia, Ransi, Natalis |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Informatics Engineering Department of Halu Oleo University
, 2018
|
Online Access: |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/article/view/3657 http://ojs.uho.ac.id/index.php/semantik/article/view/3657/2774 |
Daftar Isi:
- Sulawesi Tenggara memiliki potensi wisata bahari yang cukup besar yang masih perlu dikembangkan. Salah satu cara mengembangkannya adalah melalui analisis sentimen pada media sosial seperti Twitter. Twitter adalah sebuah media sosial yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk membagi dan mengakses informasi. Pengguna jejaring sosial twitter tersebar di seluruh penjuru dunia dan diakses melalui berbagai macam perangkat teknologi. Melalui penggunaan twitter, berbagai tanggapan atau sentimen masyarakat pada suatu tempat wisata dapat diperoleh untuk mengetahui kekurangan yang dimiliki tempat wisata tersebut. Dengan demikian, berdasarkan tweet dari wisatawan, maka dapat dilakukan analisis sentimen pada wisata bahari di Sulawesi Tenggara.Untuk membangun sentiment classifier diperlukan sebuah metode di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lexicon-Based yaitu metode untuk melakukan analisis sentimen yang berbasis kamus. Metode ini dapat mengidentifikasi sentimen dari setiap opinion words yang terdapat pada data tweetBerdasarkan hasil uji coba dan evaluasi yang telah dilakukan, maka sistem yang dibuat mampu memberikan informasi tentang opini positif,negatif dan netral masyarakat terhadap wisata bahari di Sulawesi Tenggara. Penelitian ini mendapatkan hasil akurasi 77,06 %. Kata Kunci—Analisis Sentimen, Lexicon-Based, Twitter, Wisata Bahari.