KOMUNIKASI DIGITAL BERBENTUK MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAGI KEPALA, PUSTAKAWAN, DAN TENAGA PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH / MADRASAH DI DESA KAYU AMBON, KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Main Authors: Anwar, Rully Khairul, Rusmana, Agus
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Padjadjaran , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/14891
http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/14891/pdf
Daftar Isi:
  • Penggunaan media sosial yang sangat luas di hampir semua segi kehidupan manusia memiliki dampak yang besar, baik dampak yang baik dan mendukung kehidupan, maupun dampak buruk, yang walaupun tidak merusak, tetapi cukup mengganggu atau menghambat kehidupan individu maupun kelompok. Media sosial tercatat mampu membuat anak dan remaja mendapatkan kemudahan ketika harus menyelesaikan tugas sekolah, namun di sisi lain, media sosial juga terbukti memberikan dampak buruk kepada mereka dengan tersedianya informasi yang seharusnya belum boleh mereka peroleh, dan terhubungkannya anak-anak dan remaja tersebut dengan individu atau kelompok yang dapat membahayakan kehidupan mereka. Sebagai pengelola perpustakaan perlu mempunyai kompetensi dalam bidang komunikasi digital khususnya media sosial, agar dapat meningkatkan kinerje perpustakaan sekolah menjadi lebih baik. Metode yang digunakan dalam kegiatan PPm ini adlah ceramah dan praktek. Hasil yang dibahas dalam tulisan ini adalah (1) Media sosial dalam masyarakat berjejaring, (2) interaksi dalam media sosial dan (3) literasi komunikasi digital. Kesimpulan dalam kegiatan ini bahwa berdasarkan hasil kegiatan PPM, bahwa para pengelola perpustakaan menjadi dapat menggunakan media sosial secara bijak khususnya demi kepentingan perpustakaan sekolah.