MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MATERI SEGITIGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN AUTOGRAPH DI KELAS VII SMP SANTO ANTONIUS JAKARTA

Main Author: Simanjuntak, Maslina
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Islam Sumatera Utara , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uki.ac.id/771/1/MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20SISWA%20DALAM%20MATERI%20SEGITIGA%20MELALUI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20THINK-PAIR-SHARE%20%28TPS%29.pdf
http://repository.uki.ac.id/771/
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP kelas VII-2 SMP Santo Antonius Jakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran think-pair-share (TPS) berbantuan Autograph. Hasil penelitian memperlihatkan tercapai ketuntasan klasikal di siklus 1 yaitu 86,67% dengan rata-rata 72,43, peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar sebanyak 26 orang, peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 86,67%, peningkatan rata-rata sebesar 56,6, dan terdapat 19 orang peningkatan kemampuan pemahaman konsep tergolong sedang, 11 peningkatannya tergolong tinggi. Kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada siklus I sudah termasuk kategori baik yaitu 82,81, hasil observasi siswa juga termasuk kategori baik yaitu 85,35.