MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MATERI SEGITIGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN AUTOGRAPH DI KELAS VII SMP SANTO ANTONIUS JAKARTA
Main Author: | Simanjuntak, Maslina |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika - Universitas Islam Sumatera Utara
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uki.ac.id/771/1/MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20SISWA%20DALAM%20MATERI%20SEGITIGA%20MELALUI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20THINK-PAIR-SHARE%20%28TPS%29.pdf http://repository.uki.ac.id/771/ https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP kelas VII-2 SMP Santo Antonius Jakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran think-pair-share (TPS) berbantuan Autograph. Hasil penelitian memperlihatkan tercapai ketuntasan klasikal di siklus 1 yaitu 86,67% dengan rata-rata 72,43, peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar sebanyak 26 orang, peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 86,67%, peningkatan rata-rata sebesar 56,6, dan terdapat 19 orang peningkatan kemampuan pemahaman konsep tergolong sedang, 11 peningkatannya tergolong tinggi. Kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada siklus I sudah termasuk kategori baik yaitu 82,81, hasil observasi siswa juga termasuk kategori baik yaitu 85,35.