Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas XI dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistik inferensia. Metode pembelajaran tutor sebaya merupakan variabel bebas sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah two group pretest posstest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Angkasa 2 yang dibagi dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas yaitu kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed)> 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi hasil belajar kimia pada topik koloid siswa kelas XI MIA3 SMA Angkasa 2 tidak dapat meningkat dengan metode pembelajaran tutor sebaya Kata kunci : tutor sebaya, hasil belajar kimia, metode pembelajaran