PERAN ORANGTUA DAN PENDETA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU MENOLONG PADA REMAJA GEREJA ALKITAB ANUGERAH BEKASI
Main Authors: | Kalintabu, Heliyanti, Sianipar, Desi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UKI Press
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uki.ac.id/286/1/PERAN%20ORANG%20TUA....%20Desi%20%20Sianipar.pdf http://repository.uki.ac.id/286/ |
Daftar Isi:
- Pada masa kini perilaku sosial, khususnya perilaku menolong pada remaja terasa sangat kurang. Banyak remaja bersikap masa bodoh dan tidak mau menolong orang yang sedang membutuhkan. Karena itulah sikap egois pada banyak remaja telah menjerumuskan mereka pada praktik-praktik yang tidak baik, seperti: tawuran, miras, narkoba, dan lain-lain. Untuk itulah, peran orangtua dan pendeta untuk membimbing dan mengarahkan remaja menyangkut perilaku sosial sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran orangtua dan pendeta dalam meningkatkan perilaku menolong pada remaja Gereja Alkitab Anugerah Bekasi dan mengusulkan rencana pelaksanaan pembelajaran mengenai perilaku menolong yang dapat dijalankan dengan teratur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya: perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah orangtua dan pendeta memiliki peran yang sama dalam hal membimbing, mengarahkan, memberikan pengetahuan dan memberikan motivasi kepada remaja agar mereka memiliki perilaku sosial, khususnya menyangkut perilaku menolong. Sementara itu, penelitian ini juga menghasilkan sejumlah saran untuk dipertimbangkan oleh penulis dan pihak lain dalam studi lanjutan mengenai topik ini. Beberapa saran yang diberikan antara lain: Program Studi MPAK dapat memberikan pelatihan kepada para mahasiswa agar mampu mendesain programprogram pembelajaran menyangkut perilaku sosial remaja, khususnya perilaku menolong, baik di gereja maupun di sekolah; Orangtua lebih memperhatikan dan mengawasi perilaku remaja, memberikan waktu untuk berkomunikasi dengan anaknya, dan memberikan teladan dalam hal berperilaku menolong; Pendeta hanya membimbing dan bekerja sama dengan pengurus gereja lainnya dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran mengenai perilaku menolong sehingga dapat dipahami dengan baik oleh remaja.