Penerapan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi

Main Author: Simatupang, Nova Irawati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uki.ac.id/2584/1/DokumenJPKim0817.pdf
http://repository.uki.ac.id/2584/2/PeerReviewJPKim0817.pdf
http://repository.uki.ac.id/2584/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpk
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi melalui penerapan metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII SMP PENABUR Secondary Tanjung Duren tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 56 orang dan terdiri dari 3 kelas. Sampel dipilih secara acak dengan jumlah masing-masing 17 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal essay test. Uji hipotesis dilakukan dilakukan dengan uji t-test dengan taraf signifikansi 0.05 menggunakan aplikasi spss. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa melalui uji hipotesis diperoleh nilai sig 0.033 < 0.05; data penelitian terdistribusi normal dengan nilai sig 0.843 > 0.05, serta menunjukkan homogenitas dengan nilai sig. = 0.953 > 0.05. Terdapat peningkatan hasil belajar kimia siswa melalui penerapan metode eksperimen sebesar 77,5%.