PENINGKATAN LITERASI TERHADAP LEMBAGA JASA KEUANGAN BANK PADA MASYARAKAT KELURAHAN CAWANG JAKARTA TIMUR

Main Authors: Juniasti, Riwandari, Siregar, Edison, Oppusunggu, Lis Sintha, Tobing, Fery
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uki.ac.id/2237/1/PENINGKATANLITERASITERHADAPLEMBAGAJASAKEUANGANBANK.pdf
http://repository.uki.ac.id/2237/
Daftar Isi:
  • Banyak masyarakat yang telah mengenal lembaga perbankan namun belum semua mampu mengakses bank dan memanfaatkan produk dan jasa perbankan serta paham akan risiko yang dihadapi. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Cawang Jakarta Timur dilakukan edukasi keuangan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat di Kelurahan Cawang Jakarta Timur terhadap lembaga jasa keuangan, produk-produk lembaga jasa keuangan dan cara mengakses lembaga keuangan khususnya perbankan dan tentang manfaat serta risiko menggunakan produk lembaga jasa keuangan, termasuk memberikan pengetahuan bagaimana mengajukan kredit ke bank, serta pengetahuan tentang peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Metode yang dilakukan adalah melakukan edukasi keuangan dan untuk melihat hasil dampak atas materi yang disampaikan, dilakukan evaluasi berupa pre-test dan post test pada peserta yang hadir di Kelurahan tersebut. Hasil PkM menunjukkan bahwa literasi peserta PkM di Kelurahan Cawang Jakarta Timur sudah cukup baik, karena telah mengenal OJK. LPS dan bank serta telah bertransaksi di bank. Setelah dilakukan edukasi keuangan 61,30% peserta mengalami peningkatan literasi. Peningkatan literasi juga ditentukan oleh jenjang pendidikan, usia dan gender. Peserta PkM dapat dikatakan telah memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan. Kata kunci: edukasi keuangan; literasi keuangan; perbankan