PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE KLATEN
Main Authors: | Kusumawati, Weny, Marjukah, Anis |
---|---|
Other Authors: | UNWIDHA KLATEN |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KIAT BISNIS
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/KIATBISNIS/article/view/995 http://journal.unwidha.ac.id/index.php/KIATBISNIS/article/view/995/150 |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Seberapa besar pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen di Matahari Department Store Klate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga dan konsumen berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Matahari Department Store Klaten. Lingkup penelitian ini di wilayah Kabupaten Klaten, di Matahari Department Store Klaten. Subjek penelitian ini adalah konsumen yang pernah datang dan berbelanja di Matahari Department Store Klaten. Adapun tekhnik pengambilan sampel dengan kuesioner yaitu mengumpulkan informasi dengan menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk dijawan secara tertulis oleh responden. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda, karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel. Pengujian statistik dengan Uji F (simultan) dan uji T (parsial). Berdasarkan deskripsi data, karakteristik responden mayoritas adalah berjenis kelamin perempuan, usia 25 sampai 30 tahun, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga. Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh kualitas produk (X1), harga (X2) dan promosi (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) di Matahari Department Store Klaten. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 56,9% dan yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen