Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Indera Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Maja)

Main Author: Sugandi, Muhammad Kurnia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: BIO EDUCATIO , 2018
Online Access: https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/856
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/856/797
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi konsep Sistem Indera melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas XI IA 1 SMA Negeri Maja. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Tanggart dengan menggunakan dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Maja. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan tindakan kelas dan data peningkatan hasil belajar Biologi, lembar observasi, dan wawancara siswa kelas XI IA 1 SMA Negeri 1 Maja, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Explicit Instructionpada konsep Sistem Indera terdapat peningkatan hasil belajar dari tiap siklusnya peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari meningkatnya nilai posttest terhadap nilai pretest yang dilaksanakan dari 2 siklus. Pada siklus I rata-rata pretest sebesar 60 dan posttest sebesar 80,61 sedangkan siklus II rata-ratapretest sebesar 70,30 dan posttest sebesar 90. Terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I terhadap siklus II, peningkatannya sebesar 9,39 %. Kata kunci: Explicit Instruction, Sistem Indera, Hasil Belajar