Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Pencemaran Lingkungan

Main Author: Sugandi, Muhammad Kurnia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: BIO EDUCATIO , 2017
Online Access: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/757
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/757/705
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Pencernaan Lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan menggunakan penelitian deskriptif analisis dengan jenis kuantitatif. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttes design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas MA Raudlatutta’allum Tasikmalaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple jenuh yaitu penentuan sampel anggota populasi dijadikan sampel yang diambil adalah 35 orang. Hasil penelitian menunjukan Hasil analisis thitung = -24,76 dan ttabel = 2,04. diperoleh nilai 2p (0,0455) < α (0,05), kesimpulan analisis menunjukan tolak Ho. artinya median hasil posttest tidak sama dengan median yang telah ditentukan. Dengan demikian model pembelajaran Group Investigation cocok diterapkan pada proses pembelajaran konsep Pencemaran Lingkungan di kelas X MA Raudlatutta’allum Kota Tasikmalaya. Kata kunci : Group Investigation, Pencemaran Lingkungan