UJI COBA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

Main Author: Sugandi, Muhammad Kurnia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) , 2017
Online Access: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/585
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/585/548
Daftar Isi:
  • Latar belakang permasalahan pada penelitian ini adalah suasana kegiatan belajar mengajar tidak membuat peserta didik aktif, kreatif, efektif, dan membuat peserta didik jenuh dalam belajar. Dari permasalah tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas peserta didik terlihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share cocok diterapkan pada konsep Keanekaragaman Makhluk. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mampu mengubah asumsi bahwa metode resitasi dan diskusi perlu diterapkan dalam setting kelompok secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, data dan pengujian hipotesis, maka penulis berkesimpulan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share cocok diterapkan untuk menjelaskan konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup. Kata kunci : Think Pair and Share, Hasil Belajar